MOTIVASIbisnis

Cara Bangkit Dari Keterpurukan Bisnis untuk Anda yang baru saja mengalami kegagalan dalam bisnis. Orang yang berbisnis, kemungkinan besar pernah mengalami apa yang disebut keterpurukan bisnis. Disaat bisnis lesu, tidak menguntungkan, bahkan bisa saja dinyatakan bangkrut, plus utang yang melilit.
Tentang saja, ini bukan kiamat. Jika saya pernah mendengar kisah orang-orang yang sukses dalam bisnis, kebanyakan diantara mereka pernah melalui saat-saat terpuruk dalam bisnis mereka. Namun akhirnya mereka bisa bangkit dan menjadi sukses kembali. Anda pun bisa dan akan saya bagikan cara bangkit dari keterpurukan bisnis baik belajar dari orang lain maupun pengalaman saya sendiri.
Kuncinya cara bangkit dari keterpurukan bisnis adalah fokus ke depan. Apa pun kondisi Anda saat ini, Anda bisa melangkah ke arah yang Anda inginkan. Jadi, arahkan fokus Anda ke apa yang Anda inginkan. Hentikan melihat masa lalu. Hentikan meratapi kondisi saat ini. Dari masa lalu, Anda bisa mendapatkan hikmah, tetapi jangan disesali terus. Hanya hikmah yang berguna dari masa lalu.

Cara Bangkit Dari Keterpurukan Bisnis Dengan Memanfaatkan Apa Yang Anda Miliki

Jangan lupa, meski kondisi saat ini serasa sulit. Anda sebenarnya tidak pernah minus. Mungkin Anda punya utang, tetapi Anda memiliki sesuatu yang berharga yang bisa Anda manfaatkan untuk bangkit kembali. Manfaatkan apa yang Anda miliki, karena sebenarnya apa yang Anda miliki itu berharga, bahkan lebih berharga dibanding utang Anda, sebesar apa pun itu.
Apa yang Anda miliki saat ini? Setidaknya ada dua hal. Sayakan katakan setidaknya dua, sebab bisa jadi lebih daru dua. Yang pertama adalah hikmah dari keterpurukan  bisnis Anda. Yang kedua adalah pengalaman keberhasilan bisnis Anda.

Cara Bangkit Dari Keterpurukan Bisnis Anda Dengan Hikmah

OK, kita bahas yang pertama. Segala sesuatu PASTI ada hikmahnya. Tanyakan pada diri Anda, mengapa bisnis Anda terpuruk. Anda harus bisa menjawab dengan tepat. Jawaban yang tepat adalah terpusat pada diri Anda, bukan lingkungan diluar Anda.
Jika Anda menjawab “persaingan yang semakin menggila”, ini bukan jawaban yang tepat. Mungkin benar, tetapi bukan ini jawaban yang tepat yang diharapkan. Mengapa, sebab kita tidak bisa mengubah persaingan ini. Yang bisa diubah adalah diri Anda.
Jada lanjutkan pertanyaan Anda. Memangnya mengapa dengan persaingan? Jawabannya karena Anda tidak bisa bersaing. Mungkin inin jawabannya. Dan ini lebih baik. Sebab mulai dari diri Anda dan bisa dilakukan perbaikan.
Mengapa Anda tidak bisa bersaing? Mungkin ilmu strategi pemasaran Anda kurang? Maka belajarlah. Apakah tim Anda kurang kuat? maka perkuat tim Anda. Silahkan cari jawaban yang merupakan root cause.
Nanti Anda akan menemukan hikmah sebagai bahan perbaikan di masa depan.

Pengalaman Anda Itu Masih Berharga

Jika Anda sudah sejauh ini, artinya terpuruk dalam bisnis bisnis, artinya Anda pernah sukses. Artinya Anda punya pengalaman pernah sukses. Nah, pengalaman ini bisa Anda gunakan untuk menghidupkan atau membangun bisnis baru lagi. Plus hikmah yang Anda dapatkan sehingga tidak mengulangi kesalahan yang sama dua kali.
Ingatlah bagaimana saat Anda memulai bisnis sampai berjalan dan menguntungkan. Kemudian perbaiki caranya dari pelajaran (hikmah) yang Anda dapatkan. Anda bisa saja menjadi lebih jago alias lebih ahli menjalankan bisnis lagi.
Kuncinya jangan menyerah. Anda bisa bangkit lagi. Anda bisa membangun bisnis baru lagi yang lebih baik dibandingkan dengan sebelum. Plus kelola perasaan Anda, jangan sampai menghancurkan motivasi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar